LPJ RANGKAIAN PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1429 H MASJID AGUNG JAWA TENGAH JL. GAJAH RAYA SEMARANG

LPJ RANGKAIAN PERINGATAN
MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1429 H
MASJID AGUNG JAWA TENGAH JL. GAJAH RAYA SEMARANG


I. MUKADDIMAH

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang memberikan segala karunia yang tiada terkira, sehingga aktifitas perencanaan rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1429 H telah berjalan dengan baik. Amin
Shalawat salam kami lantunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita semua, dan semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat kelak.
Terkait dengan kewajiban dalam sebuah kepanitiaan kegiatan, ada perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating) dan penilaian (evaluating) maka, kami sebagai panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1429 H juga harus melaporkan hasil kegiatan yang telah kami laksanakan atas perencanaan yang telah kami gagas sebelumnya dalam bentuk evaluasi kegiatan.
Adapun dasar pelaksanaan rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW adalah munculnya berbagai permasalahan hidup yang tidak selesai akan menimbulkan masalah yang berdampak pada kegundahan hati. Maka, agama Islam mengajarkan bahwa dengan berdzikir akan menjadikan hati manusia menjadi tenang. Apalagi ditengah maraknya bencana yang akhir-akhir ini terjadi, tentu ini memperingatkan kita semua akan bentuk ketidakmampuan atas segala sesuatu tanpa campur tangan Allah SWT. Oleh karena itu, hal ini berlanjut kemudian dengan mengoptimalkan ikhtiar dan menyerahkan hasil sepenuhnya hanya kepada Allah SWT. Maka disinilah Allah dijadikan sandaran akhir.






II. PROSES KEGIATAN

Seiring dengan tujuan pelaksanaan kegiatan di atas, maka akan kami memaparkan pertanggungjawaban secara menyeluruh antara lain :
a) Tema Kegiatan
Adapun tema kegiatan di Masjid Agung Jawa Tengah adalah “Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1429 H/2008 M”.
b) Tujuan Kegiatan
- Meningkatkan kualitas hidup kaum muslim dalam bingkai spiritual
- Menyemarakkan Masjid Agung Jawa Tengah melalui mimbar halaqoh pengajian pada tahun-tahun hijriyah.
c) Kepanitian, dalam hal ini sesuai dengan surat Keputusan Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah sebagaimana terlampir.
d) Rangkaian, Bentuk dan Waktu Kegiatan
1. Haflah Dzikra Maulid Nabi Muhammad SAW dengan rangkaian :
- Baca Barzanzi selama 12 hari
Hari : Ahad – Rabu
Tanggal : 1 – 11 Rabiul Awal 1429 H
9 – 19 Maret 2008 M
Waktu : 18.00 WIB (ba’da sholat maghrib)
Tempat : Ruang Utama Masjid Agung Jawa Tengah

Untuk kegiatan ini terencana dengan baik. Hal ini terbukti dengan antusiasme para jamaan yang ikut menyambut peringatan dengan baca barzanzi selama 12 hari yang setiap harinya berjumlah antara 300 – 500 orang disetiap harinya. Kemeriahan ini karena panitia sudah menyiapkan Group Rebana Pengiring dari Jolotundo Pimpinan Abah Asrori untuk menepuk alat musik terbang. Musik khas padang pasir ini pun mengalun syahdu mengiringi bacaan Shalawat Barzanzi hingga paripurna.
Disamping itu, untuk menjaga ikatan silaturahmi antar sesama masjid, maka dalam memeriahkan Barzanji ini panitia juga mengundang Group Rebana Se Kota Semarang untuk tampil. Alhasil ada dua tim yang turut dalam memeriahkan agenda ini yakni : Jamaah Maulid Khoirul Anam dari Kecamatan Genuk tanggal 16 Maret 2008 M dan dari Semarang Barat dengan Group Rebana Arisma pada tanggal 18 Maret 2008 M.
- Zikra Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dilaksanakan pada :
Hari : Kamis
Tanggal : 12 Rabiul Awal 1429 H
20 Maret 2008 M
Waktu : 04.00 WIB (ba’da sholat shubuh)
Tempat : Plaza Masjid Agung Jawa Tengah
Pemimpin : Habib Syaikh Bin Abdul Qodir Assegaf (solo)
K.H. Habib Umar Muthohar (Semarang)

Kegiatan Zikir ini dalam realisasinya mampu menjadi poin tersendiri bagi Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma-JT) sebagai motor penggerak. Kondisi malam memang hujan, tapi menjelang waktu subuh kondisi tersebut dapat diantisipasi dengan mempersiapkan Plaza Masjid Agung Jawa Tengah yang melibatkan seluruh elemen. Mulai dari Teknisi, Cleaning Service dan Remaja Masjid Agung Jawa Tengah tak terkecuali Badan Pengelola dan Panitia sebagai komando dalam pelaksanaan.
Gambaran kegiatan terlaksana dengan baik, dengan banyaknya jamah yang hadir diwaktu pagi sejumlah 5000 orang yang datang dari Kota Semarang, Demak, Kudus dan Solo memadati area 6 buah Payung Elektrik di Plaza Masjid Agung Jawa Tengah. Ribuan Umat Islam yang memadati area tersebut memang sudah dikonsep oleh Panitia untuk bisa hadir dengan cara mengirimkan undangan kehadiran terhadap berbagai Lembaga, Perguruan Tinggi, Pondok Pesantren, Jamaah Pengajian Dzikir dan Pengajian Se Karisidenan Kota Semarang serta berbagai media cetak maupun elektronik yang telah dihubungi oleh Panitia.
Namun ada sedikit masukan terhadap persiapan kegiatan ini, yakni Sound Sistem yang kurang maksimal suaranya dan Keamanan sehabis acara di panggung dalam rangka mengantisipasi jamaah yang ingin bermusyafahah serta buku yang akan dibaca kalau bisa panitia menyediakan untuk kemudian di bagikan kepada jamaah agar semakin hikmat dalam pelaksanaannya.

2. Pengajian Umum Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan :
Hari : Selasa
Tanggal : 17 Rabiul Awal 1429 H
20 Maret 2008 M
Waktu : 19.00 WIB (ba’da sholat isya’)
Tempat : Ruang Utama Masjid Agung Jawa Tengah
Pembicara : K. H. Chaing I Pao (Drs. H. Iskandar Abdurrahman al Hasani, M.Si) dari Salatiga

Gambaran kegiatan pada persiapan memang optimal, mulai dari tempat, pengeras suara dan lain-lainnya. Namun, habis isya’ hujanpun turun sehingga bentuk kegiatan yang semula direncanakan di Plaza Masjid Agung Jawa Tengah dengan cepat dan sigap diambil keputusan untuk dialihkan di Ruang Utama Masjid Agung Jawa Tengah. Tanpa mengurangi rasa kehusukan pelaksanaan jamaahpun memadati area Ruang Utama yang diprediksi oleh panitia sejumlah 3000 orang. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah Ali Mufiz, para pejabat Muspida serta pengurus Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah.

e) Proposan kegiatan sebagaimana terlampir.
f) Surat yang keluar sebagaimana terlampir.
g) Estimasi dana yang telah dikeluarkan sebagaimana terlampir.
h) Kliping media pemberiataan sebagaimana terlampir.
i) Format backdrop sebagaimana terlampir.
j) Format pamflet sebagaimana terlampir
k) Format baliho sebagaimana terlampir
l) Format stiker sebagaimana terlampir
m) Foto hasil dokumentasi sebagaimana terlampir
n) Dokumentasi kegiatan sebagaimana terarsip
o) Setting tempat kegiatan sebagaimana terlampir.





III. IHTITAM

Akhirnya, kami atas nama panitia pelaksana mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada :
1. Gubernur Jawa Tengah
2. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
3. Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah
4. Bidang Ketakmiran Masjid Agung Jawa Tengah
5. Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma-JT)
6. Radio DAIS 107,9 H Masjid Agung Jawa Tengah
7. dan kepada seluruh pihak yang terlibat yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu dan kami hanya mengucapkan semoga amal kebaikan dibalas kebaikan pula oleh Allah SWT.
Oleh karena itu, semoga laporan ini dapat menyelaraskan pemahaman kita akan pentingnya pertanggungjawaban kepada sesama. Selain itu sebagai upaya evaluasi dalam mempola kegiatan mendatang yang lebih baik lagi.


Panitia Pelaksana
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Masjid Agung Jawa Tengah
Ketua Sekretaris



H. Ahmad Izzuddin, M.Ag MS. Muhaimin, S.Sos

Mengetahui,
Bidang Ketakmiran
Masjid Agung Jawa Tengah
Ketua



Prof. Dr. H. Muhtarom, HM
NOTA ORDER (SUFIJAYA SEMARANG)

TULIS NAMA BARANG YANG DIPESAN :

1. jumlah pesanan 2. Nama produk *
Contoh : 10 tuntunan sholat penerbit toha putra + 10 keistimewaan asmaulhusna di jaman modern penerbit sufijaya
Keterangan
contoh : tuntunan sholatnya yang kecil, yang harganya 4000 (jika tidak ada kosongi saja)

TULIS BIODATA LENGKAP PENGIRIMAN(untuk menentukan ongkos kirimnya)

Nama lengkap *
Alamat lengkap *
Nomer telpon / handphone *

REKENING REFUND (PENGEMBALIAN UANG) PELANGGAN

Dibutuhkan jika tiba2 terjadi setelah pelanggan transfer mendadak stok habis maka kami mengembalikan uang transfer sepenuhnya tanpa potongan. jika rekening refund menyusul lewat sms maka di kosongi saja

NAMA BANK

contoh : BRI KCP cab tlogosari semarang
Atas Nama :
Contoh : Tahif Mustabiq Sufi
Nomer rekening :
contoh : 1138-01-002149-50-1
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image: [Refresh Image] [What's This?]