O R G A N I S A S I

O R G A N I S A S I
Oleh : Usman Ro’in *


rapat.. rapat.. dan rapat..
Itulah kata yang terlontar dari salah satu anggota dalam sebuah organisasi. Mudahnya, ia tidak ingin terlalu banyak percekcokan yang akhirnya menghasilkan debat kusir belaka (yang tak berujung), dan menghamburkan banyak waktu.

Pembaca budiman, semua orang tentu ingin mewujudkan cita-cita. Bohong dan sungguh naïf sekali bila orang hidup tidak bercita-cita, begitu pula dalam sebuah organisasi. Karena, organisasi merupakan kerja sama antar beberapa orang untuk mencapai tujuan dengan mengadakan pembagian dan peraturan kerja.
Bila semua paham akan makna diatas, tentu tak sertamerta kita mengeluh dan terlalu banyak mengatakan “capek, malas” untuk bergabung dalam organisasi yang kita tempati. Sebab, yang namanya tujuan harus dipersiapkan secara matang dan terencana dengan pembagian kerja yang sesuai.
Seiring hal itu, maka dalam mewujudkan kebaikan sebuah kegiatan tidak sah bila hanya di bebankan pada seorang saja, tetapi perlu dicurahkan oleh beberapa orang untuk kemudian dilakukan pembagian kerja yang sesuai. Maka, disinilah terkadang terjadi talik ulur kesepakatan dalam menentukan konsep kegiatan yang direncanakan secara bersama-sama. Lalu, karena inikah kita malas berorganisasi ?
Adanya rapat, sharing atau istilah lain yang dibuat itu hanya untuk mencapai hal-hal sebagai berikut : pertama, tercapainya tujuan organisasi yang dirumuskan. kedua, tidak terjadi penyelewengan tujuan organisasi oleh orang-orang yang berambisi karena kepentingan pribadi atau kelompok yang tidak sejalan dengan organisasi. ketiga, tercapainya kesatuan tindakan, kesatuan usaha, dan penyesuaian antar bidang, serta keseimbangan antar bidang maupun sinkronisasi seluruh aspek yang akan terlibat dalam sebuah organisasi.
Oleh karena itu, mari kita semua menyadari akan keterbatasan dalam kamauan, kemampuan dan kesempatan diri kita untuk kemudian menyadari bahwa orang yang terbesar diantara kita adalah orang yang mau menjadi pelayan bagi semua orang karena sesungguhnya apa yang telah kita lakukan untuk orang lain sebenarnya kita lakukan untuk diri sendiri.

* Penulis adalah Koordinator Lembaga Komunikasi dan Penyiaran
Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma – JT)
NOTA ORDER (SUFIJAYA SEMARANG)

TULIS NAMA BARANG YANG DIPESAN :

1. jumlah pesanan 2. Nama produk *
Contoh : 10 tuntunan sholat penerbit toha putra + 10 keistimewaan asmaulhusna di jaman modern penerbit sufijaya
Keterangan
contoh : tuntunan sholatnya yang kecil, yang harganya 4000 (jika tidak ada kosongi saja)

TULIS BIODATA LENGKAP PENGIRIMAN(untuk menentukan ongkos kirimnya)

Nama lengkap *
Alamat lengkap *
Nomer telpon / handphone *

REKENING REFUND (PENGEMBALIAN UANG) PELANGGAN

Dibutuhkan jika tiba2 terjadi setelah pelanggan transfer mendadak stok habis maka kami mengembalikan uang transfer sepenuhnya tanpa potongan. jika rekening refund menyusul lewat sms maka di kosongi saja

NAMA BANK

contoh : BRI KCP cab tlogosari semarang
Atas Nama :
Contoh : Tahif Mustabiq Sufi
Nomer rekening :
contoh : 1138-01-002149-50-1
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image: [Refresh Image] [What's This?]